Ilmu Diangkat Sebagai Tanda Hari Kiamat

HomeHadist

Ilmu Diangkat Sebagai Tanda Hari Kiamat

Diantara tanda tanda hari kiamat adalah dicabut nya ilmu oleh Allah Ta’ala sehingga kebodohan menjadi tersebar.

Dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu berkata:  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

من أشراط الساعة أن يرفع العلم ويثبت الجهل – رواه البخاري

Di antara tanda tanda hari kiamat adalah diangkatnya ilmu dan tetapnya kebodohan. – HR Bukhari

Dalam riwayat bukhari juga disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إن بين يدي الساعة لأياما ينزل فيها الجهل ويرفع فيها العلم – رواه البخاري

Sesungguhnya sebelum terjadi hari kiamat akan ada hari hari yang turun didalamnya kebodohan dan diangkat nya ilmu. – HR. Bukhari

Diangkatnya ilmu dengan diwafatkannya para ulama

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam :

إن الله لايقبض العلم انتزاعا ينتزعه من العباد ولكن يقبض العلم بقبض العلماء. حتى إذا لم يبق عالما اتخذ الناس رؤوسا جهالا فسئلوا فأتوا بغير علم فضلوا وأضلوا.

Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu secara langsung dari para hamba-Nya akan tetapi Allah akan mencabut ilmu dengan wafatnya para ulama, sehingga apabila tidak lagi tersisa orang  Alim maka manusia akan menjadikan orang-orang bodoh sebagai pemimpin, mereka ditanya,  kemudian berfatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat dan menyesatkan . – Muttafaq Alaih

Imam An-Nawawi Rahimahullah berkata:  Hadits ini menjelaskan bahwa tercabut nya ilmu bukan dengan hilangnya ilmu dari para pemiliknya.  Akan tetapi dengan meninggalnya para pengusung ilmu (ulama),  sehingga orang orang bodoh diangkat sebagai pemimpin, kemudian mereka berhukum dengan kebodohannya. Maka mereka tersesat dan menyesatkan orang lain. – (Syarah muslim)

Ilmu yang disebutkan dalam Hadits diatas adalah ilmu syar’i, yaitu ilmu tentang Al quran dan sunnah, ilmu yang diwariskan oleh para Nabi dan Rasul. Sehingga apabila mereka wafat hilanglah ilmu, sunnah menjadi mati,  bid’ah akan tersebar dan kebodohan semakin merajarela.

Imam Adz Dzahaby Rahimahullah berkata :  Mereka tidak diberi ilmu kecuali hanya sedikit,  adapun hari ini ( dimasa beliau )  tidak tersisa dari yang sedikit itu kecuali yang lebih sedikit, dikalangan sedikit manusia, dan sedikit yang mengamalkannya, hasbunallahu wani’mal wakil.  – (Tadzkirotul huffadz)

Subhanallah..  Perkataan diatas beliau ucapkan pada masanya, masa keemasan ilmu,  tepatnya sekitar abad ke 7 Hijriyah lalu bagaimana dengan zaman kita saat ini. Allahululmusta’an

Manfaatkanlah kesempatan yang Allah berikan kepadamu, tuntutlah ilmu, pompa semangat kita untuk mempelajari Al quran dan sunnah seperti yang dipahami para Salafusshalih.

_________________________

Diringkas dari kitab  أشراط الساعة (Asyratussa’ah)

Karya Syaikh Yusuf bin Abdullah Al wabil.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: